Sunday, July 1, 2012

apa manfaat dari berdoa?

Do’a mempunyai kekuatan yang luar biasa. Do’a merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling mulia di sisi Allah. Do’a adalah inti sarinya ibadah. (HR. Tirmidzi). Do’a adalah senjatanya seorang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya’la). Dengan senantiasa berdo’a akan menghadirkan energi baru, menambah stamina dan menenangkan batin dan jiwa.

Doa pasti Dikabulkan
Sesuai janji Allah dalam Alqur’an, berdoalah kamu sekalin maka akan Saya Istijabah. Istijabah adalah pelayanan dan penerimaan Allah terhadap doa hambaNya. Setiap doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba pasti akan diterima Allah. Jadi kita sebagai hamba Allah tidak boleh berburuk sangka kepada Allah dengan mengatakan bahwa doa tidak diterima. Pegangan kita, doa itu pasti diterima oleh Allah. Karena Allah maha mendengar dan maha melihat. Maka janganlah ragu doa kita akan ditolak oleh Allah. Karena janji Allah pasti akan menerima doa hambaNya. Jika anda seorang blogger dan ingin blognya cepat meningkat traffic, page rank dan popularitasnya di mesin pencari, di samping kita berusaha dengan berbagai cara optimasi, cobalah juga berdoa. Misalnya Ya Allah hamba mohon tingkatkan page rank blog saya. Atau ya Allah jadikan blog saya menjadi no satu di mesin pencari google dengan kunci tips blogging. Amein ya Robbal Alamin.

Berdolah dengan penuh Keyakinan
Orang berdoa tapi ragu-ragu dengan penerimaan Allah terhadap doanya, maka ini ciri doa yang tidak akan diterima Allah. Kita harus memiliki prasangka baik bin yakin bahwa doa yang kita panjatkan akan diterima oleh Allah. Seperti kata para Ulama, siapa yang tidak memiliki keyakinan maka tidak akan menuai manfaat.
Keyakinan adalah kekuatan ( power ) yang akan mengantarkan kesusksesan seseorang dalam segala halnya. Seorang presiden, menteri, gubernur, bupati, manager perusahaan, pemimpin ummat dan lain-lain harus memiliki keyakinan yang kuat agar segala programnya bisa berjalan dengan sukses. Termasuk seorang mukmin dalam berdoa. Ia harus memiliki keyakinan yang kuat kepada Allah SWT. Bahwa sebesar apapun yang kita minta tidak akan menyamai kebesaran Allah SWT. Allah maha Besar. Dan doa kita ibarat sebutir debu di hadapan keagungan Allah SWT.

Sudah sepantasnya kita sebagai manusia atau makhluk yang bersyukur dengan mengingat dan berdoa kepada Allah yang Maha Menberi apa yang manusia minta. Dan sudah sepantasnya pula kita tidak menyombongkan diri. Maka dengan berdoa dan berzikirlah kita dapat mengingat dan mensyukuri apa yang sudah kita dapat.

Berikut adalah beberpa manfaat dari doa dan dzkir.
1. Mendatangkan keridhaan Alloh Subhanahu wa ta’ala
2. Mengusir syaitan, menundukkan dan mengenyahkannya
3. Menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati
4. Membuat hati dan wajah berseri
5. Melapangkan rizki
6. Menimbulkan karisma dan rasa percaya diri
7. Menumbuhkan perasaan bahwa dirinya diawasi, sehingga mendorongnya untuk selalu berbuat kebajikan
8. Membuahkan kedekatan kepada Alloh. Seberapa jauh dia melakukan dzikir kepada Alloh maka sejauh itu pula kedekatannya kepada Alloh, dan seberapa jauh ia lalai melakukan dzikir, maka sejauh itu jarak yang memisahkannya dengan Alloh.
9. Menumbuhkan rasa takut kepada Alloh dan memuliakan Nya.
10. Membuat hati menjadi hidup. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata : “Dzikir bagi hati sama dengan air bagi ikan, maka bagaimana keadaan yang terjadi pada ikan seandainya ia berpisah dengan air?”
11. Menghapus kesalahan dan menghilangkannya
12. Hamba yang mengenal Alloh dengan cara berdzikir di saat lapang, menjadikan dirinya tetap mengenal Nya saat menghadapi kesulitan, dan Dia akan mengenalnya di saat ia mengalami kesulitan
13. Menyebabkan turunnya ketenangan, datangnya rahmat dan para Malaikat mengelilingi orang yang berdzikir, sebagaimana disabdakan oleh Nabi shallallahu’alaihi wa sallam
14. Dzikir merupakan ibadah yang paling mudah namun paling agung dan paling utama
15. Siapa yang dibukakan untuk melakukan dzikir berarti telah dibukakan untuk menuju kepada Alloh
16. Dzikir kepada Alloh dapat memudahkan kesulitan dan dapat meringankan beban yang berat
17. Termasuk dzikir kepada Alloh; melaksanakan perintah Nya, menjauhi larangan Nya dan melaksanakan hukum hukum Nya

buat temen-temen.. janganlah takut untuk berdoa, berdoalah dengan khusyuk dan penuh keyakinan.. semoga doa-doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah.. Amiinn

1 comments:

Sur Satria said...

Moga menambah keimanan kita, amin....

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Bekunjung :)