Monday, August 6, 2012

Keutamaan Lailatul Qodar

Bismilahirohmanirohim, 
karena sekarang bertepatan pada 17 Ramdhan, aku pengen sharing ajah apa itu Malam Lailatul Qodar..
sokk disimak yaahh :)
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” [QS Al Qadar: 1 - 5]
Berikut adalah kutipan yang menerangkan tentang malam Lailatul Qodar, sebagian orang mungkin sudah banyak mengetahuinya..

Malam Lailatul Qodar merupakan seribu malam yang bagus dari malam-malam sebelumnya karena malam lailatul qodar adalah malam teragung untuk umat muslim didunia, tidak hanya itu, Lailatul Qodar juga malam mulia yang nilainya lebih baik daripada 1.000 bulan (354.000x malam biasa). Pada malam lailatul qodar, tepatnya pada 17 ramadhan, pada jaman Rasulullah dulu telah diturunkan wahyu Allah, yaitu Al-Quran. Nabi Muhammad pun senantiasa mengajak umatnya untuk beri’tikaf dimasjid, membaca Al Qur’an, berzikir, berdo’a, dan sebagainya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.. Lailatul Qodar terjadi pada 1 malam ganjil pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan (malam ke 21, 23, 25, 27, atau 29).

Rosulullah bersabda :
Bersedialah dengan bersungguh-sungguh untuk menemui malam Lailatul Qodar pada malam-malam ganil di sepuluh malam akhir bulan Ramdhan. (HR. Aishah r.a)
Barangsiapa yang mendirikan (shalat malam) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau.” [Hr Bukhari]
Ciri-ciri dari orang yang mendapat Malam Lailatul Qadar adalah dia yg ibadahnya lebih rajin daripada sebelumnya. Dia jadi lebih rajin shalat, puasa, sedekah, dsb.
Tidak berani mengerjakan hal-hal yang maksiat. Tidak mungkin dia mabuk-mabukan, berjudi, atau pun berpacaran/mendekati zina.

Mungkin sekian dulu yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga ibadah puasa kita 17 hari kebalakang diterima oleh Allah Swt, dan semoga hari esok dan seterusnya di berikan kemudahan dalam menjalani ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah.. Manfaatkanlah malam Lailatul Qodar yang hanya ada di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, Semoga kita bisa menemukan berkah malam seribu bulan, dan  senantiasa selalu berada dalam lindungan Allah Swt.. Sekian :)


Kejarlah Malam Lailatul Qodar, Selagi masih ada kesempatan :)

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Bekunjung :)